Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kalau..

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kalau..

    Kalau di hutan ada pohon tumbang tapi tidak ada siapa-siapa disana untuk mendengarnya, apakah pohon (yang tumbang) itu mengeluarkan suara ? (menurut Tao Jiao/Tao Shiek)

  • #2
    'Kucing Schrodinger' adalah sebuah Uji Teoritis dalam fisika quantum.

    Uji cobanya adalah dengan mengasumsikan sebuah kucing yang dimasukkan dalam sebuah kotak tertutup dimana didalam kotak itu ada sebuah tabung racun asam sianida dan juga sebuah materi radioaktif.

    Ketika materi radioaktif ini meluruh (decay) maka akan ada sebuah atom terlepas, dan didalam kotak itu juga ada sebuah detektor partikel yang akan menangkap atom yang terlepas itu. JIKA dalam satu jam ada atom yang terlepas maka detektor itu otomatis akan menggerakkan mekanisme yang sudah disiapkan untuk memecahkan tabung dan menumpahkan racun asam sianida sehingga menyebabkan kucing mati.

    Dalam satu jam, persentase kemungkinan materi radioaktif meluruh (ada atom yang terlepas) adalah 50% banding 50%.

    Selang satu jam, kotak dibuka : sang kucing kalau tidak hidup ya mati, kalau tidak mati ya masih hidup. Ini logis dan 'pasti'.

    Yang jadi 'kejanggalan', menurut teori kuantum adalah: dalam selang waktu eksperimen dimulai dari kucing dimasukkan kotak kemudian ditutup sampai dengan kotak dibuka satu jam kemudian, kucing tersebut dalam keadaan hidup atau mati? Teori fisika kuantum mengimplikasikan bahwa selama satu jam eksperimen dilakukan kucing berada dalam keadaan hidup dan mati (bukan setengah mati), dimana jelas ini tidak 'masuk akal'? Bahkan Einstein pun mengakui ini tidak masuk 'akal' beliau. Kenyataannya, teori fisika kuantum berdiri kokoh sejak ditemukannya dan telah melewati uji coba dan uji ilmiah berulang kali sampai sekarang. Demikian, tetap saja “Kucing Schrodinger” ini menjadi sebuah Teka-Teki (bagi saya). Ada yang bisa membantu dari sudut pandang Ilmu TAO ? (keIlmiahan boleh, kedewaan juga boleh he3x)

    ~ “Kucing Schrodinger”, sebuah eksperimen logika yang menyimpulkan kejanggalan dalam teori fisika kuantum. (Interpretasi Copenhagen) ~

    Comment


    • #3
      'Teori Ilmiah Sering Berselisih Berlawanan
      Dapatlah Dibahas Dengan Teori Yin Yang' ~ TSLC Cencing Bab II ayat 2

      Interpretasi Copenhagen adalah Interpretasi Teori Fisika Quantum yang paling umum dan atau paling banyak diterima oleh kalangan scientist dan fisikawan, kecuali Albert Einstein dan Erwin Schrodinger yang melalui perumpamaan atau analogi kucing Schrodinger diatas pada awal 1900-an menunjukkan kepada Einstein ke-absurd-an Interpretasi Copenhagen.

      Comment


      • #4
        Tahun 1957, Hugh Everett melalui Tesis Doktoral nya di Princeton University memformulasikan Teori Banyak Dunia sebagai alternatif Interpretasi Teori Quantum. Sepintas Teori Banyak Dunia terdengar lebih absurd lagi dibandingkan dengan Interpretasi Copenhagen, ha3x. Pada awalnya Teori Banyak Dunia dianggap omong kosong dan diabaikan kalangan scientist dan fisikawan. Selang puluhan tahun atau lebih, Teori Banyak Dunia mulai banyak diikuti. (Teori Terbaru adalah Teori Superstring - tapi masih banyak yang menentang)

        Menurut Teori Everett, dalam analogi Kucing Schrodinger, saat eksperimen Dunia ini terpisah menjadi dua jagat raya yang berlainan dan tidak saling berkomunikasi; masing-masing jagat raya mengakomodasi kemungkinan kucing masih hidup atau sudah mati, atom radioaktif meluruh atau tidak meluruh dalam satu jam. Di satu jagat kucing mati, di jagat yang lain kucing masih hidup saat kotak dibuka.

        Teori Everett setuju dengan interpretasi copenhagen dari awal kecuali mengenai 1 aspek akhir: 'Aspek Keruntuhan Fungsi Gelombang' (Wave Function Collapse). Bagi Everett, 'Wave Function Collapse' tidak pernah terjadi. Yang terjadi adalah Jagat Raya menjadi bercabang dimana masing -masing jagat raya mengakomodasi setiap kemungkinan hasil akhir dari eksperimentasi. Masuk Akal ? Haha
        Last edited by mbing; 04-03-2017, 03:53 PM.

        Comment

        Working...
        X